Senin, 14 Maret 2011

Faedah Tafsir As Sa'di QS Yasin 48 - 58

Oleh : Ustadz 'Amr bin Suroif

Berikut ringkasan dari kajian Tafsir As Sa'di QS Yasin 48 - 58

بسم الله الرحمن الرحيم

48. dan mereka berkata: "Bilakah (terjadinya) janji ini (hari berbangkit) jika kamu adalah orang-orang yang benar?".
49. mereka tidak menunggu melainkan satu teriakan saja[1269] yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar.
50. lalu mereka tidak Kuasa membuat suatu wasiatpun dan tidak (pula) dapat kembali kepada keluarganya.
51. dan ditiuplah sangkalala[1270], Maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka.
52. mereka berkata: "Aduhai celakalah kami! siapakah yang membangkitkan Kami dari tempat-tidur Kami (kubur)?". Inilah yang dijanjikan (tuhan) yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul- rasul(Nya).
53. tidak adalah teriakan itu selain sekali teriakan saja, Maka tiba- tiba mereka semua dikumpulkan kepada kami.
54. Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikitpun dan kamu tidak dibalasi, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan.

[1269] Maksudnya: suara tiupan sangkalala yang pertama yang menghancurkan bumi ini.
[1270] Tiupan ini adalah tiupan sangkalala yang kedua yang sesudah nya bangkitlah orang-orang dalam kubur.


Faedah yang bisa di ambil :
1. adanya pendustaan orang-orang kafir terhadap hari kiamat dan permintaan orang-orang yang tidak beriman agar disegerakannya hari kiamat untuk membuktikan kerosulan dan kenabian yang dibawa oleh Rosulullah Muhammad
2. Allah menjawab bahwasanya mereka tidak akan lama-lama menunggu akan datangnya hari kiamat yanga akan menghancurkan mereka secara tiba-tiba dalam keadaan mereka lalai. Hal ini ditandai dengan adanya tiupan pertama oleh malaikat isrofil yang mengagetkan dan mematikan seluruh manusia termasuk para penduduk langit hanya dengan sekali tiupan saja. Tiupan pertama ini diistilahkan oleh para ulama dengan nama Nafkhotul faza wal maut (tiupan yang mengagetkan dan mematikan).
3. kemudian dilanjutkan dengan adanya tiupan yang ke 2, yaitu tiupan kebangkitan setelah semua makhluk di matikan semuanya. Tiupan kedua ini dinamakan Nafkhotul ba’tsu wan nusyur (tiupan kebangkitan). Yang membangkitkan kembali mayat-mayat dari alam kuburnya dan dikumpulkan di padang mahsyar. Inilah kejadian yang Allah janjikan dan dibenarkan para rosulnya
4. pada hari itu (hari kebangkitan) seseorang tidak akan didzolimi sedikitpun. Balasan seseorang sesuai dengan amalannya masing-masing, apakah akan memperoleh kebaikan atau di adzab. Kalau mendapat kebaikan hendaknya memuji Allah, sedangkan apabila mendapatkan keburukan janganlah mencela kecuali dirinya karena tidak mau beriman akan keberadaan hari kiamat.


55. Sesungguhnya penghuni syurga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka).
56. mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan.
57. di syurga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta.
58. (kepada mereka dikatakan): "Salam", sebagai Ucapan selamat dari Tuhan yang Maha Penyayang.

Faedah yang bisa di ambil :
1. setelah umat manusia dikumpulkan di padang mahsyar dan di hisab, maka mereka akan memasuki tahapan berikutnya dan akan terbagi menjadi beberapa golongan.
2. golongan pertama diantara mereka adalah para ahli surga. Mereka akan mempunyai kesibukannya masing-masing dan para ahli surga akan dipenuhi dengan kenikmatan yang menakjubkan di surga
3. kenikmatan-kenikmatan tersebut diantaranya adalah bahwa mereka akan bersama dengan para istri-istri mereka dengan berada dibawah naungan yang menaungi mereka dan bersandar diatas dipan-dipan mereka.
4. selain itu para penghuni surga akan mendapatkan banyak kenikmatan dan bermacam-macam buah-buahan dan kenikmatan-kenikmatan apa saja yang mereka inginkan.
5. dan Allah subhanahu wata’ala akan memberikan ucapan keselamatan bagi mereka para ahli surga.

Tidak ada komentar: