Rabu, 23 Maret 2011

Penulis Matan Al Ajurumiyah

Nama beliau adalah Muhammad bin Muhammad bin Dawud Abu Abdillah Ash-Shanhaji, dikenal dengan nama Ibnu Ajurum. Beliau seorang imam dalam bidang nahwu dan bahasa, seorang pengarang kitab Al-Muqaddimah, yang selanjutnya dikenal dengan Al-Ajurumiyyah.

Ibnu Ajurum lahir di kota Fas (Fes). Beliau ahli juga dalam bidang ilmu hisab (matematika) dan faraidh. Dilihat dari isi kitab Muqaddimah-nya dapat difahami, bahwa ia adalah ulama’ nahwu mazhab Kufah.
Ibnu ajurum juga memiliki banyak kitab karangan dan nazham dalam bidang ilmu qira’at dan disiplin ilmu lainnya. Dia wafat di Negara Maghribi (fas) dan dikuburkan di pemakaman Bab Al-Jadid.

Syarah Al-Ajurumiyyah
Syarah Al-Ajurumiyyah adalah nama sejumlah kitab syarah (komentar) tentang kitab “Muqaddimah” Ibnu Ajurum, yang dikenal dengan nama kitab Al-Ajurumiyyah tersebut sangatlah banyak. Di antaranya karya Abdul Malik bin Jamaluddin Al-Isfiraini, dikenali dengan nama Mala ‘Isham (1037H) ; Ahmad Abdul Qadir Al-Kuhani ; Hassan bin Ali Al-Kafrawi (1202H) ; Khalid bin Abdullah Al-Azhari (905H) ; Ahmad bin Zaini Dahlan (1304H) ; Abdurahman bin Ali Sahalih Al-Makudi (801 H) ; Hirah ; dan Mushtafa As-Saqa , Tuhfatus Saniyyah : Syeikh Mahyuddin abdul Hamid dan banyak lagi para ulama’ terdahulu dan terkini mengsyarahkan kitab matan beliau

Tidak ada komentar: